Cara membuat Layered Latte (Panas/Dingin) Dengan Alat Sederhana (Video)

7 comments
Selamat Malam agan-agan... Saya Mau Update info tentang Cara membuat Layered Latte Dengan Alat Sederhana. Disini saya mau share ilmu saja hasil karya sendiri yang baru saya buat malam ini...
Selamat mencoba ya.. Pasti kalian bisa..!


Alat-alat yang disiapkan :
  1. Kompor/Microwave
  2. Panci (Jika dibutuhkan)
  3. Shaker/Gelas Plastik dengan tutup (Jika dibutuhkan)
  4. Milk Jug/Plastik Cup (Jika dibutuhkan)
  5. Thermometer untuk suhu air
  6. Saringan untuk teh 
  7. Kertas untuk membuat Motif Latte Art 
  8. Sendok, dan
  9. Gelas

Gelas Pelastik Dengan Tutup
Gelas Pelastik Dengan Tutup
Bahan-bahan yang diperlukan :
  1. Kopi (Single Espresso)
  2. Gula
  3. Susu Cair/Bubuk
  4. Air 
  5. Es Batu, dan
  6. Bubuk Coklat (Cocoa Powder)
Langkah-langkahnya Layered Latte Panas Untuk Satu Orang :
Latte
Gambar 3

  1. Persiapkan Air untuk direbus hingga mendidih (100 derajat Celsius). Untuk membuat Kopi (single espresso). Cek dengan termometer untuk meyakinkan suhunya. (padahal memang tidak perlu dicek ^,^).
  2. Persiapkan susu cair/bubuknya. Masukan susu yang akan di steam ini kedalam Milk Jug/Plastik Cup dengan tutup Sebanyak 3/4 untuk susunya. Lalu disteam atau dipanaskan sampai max suhu 70 derajat celsius (Cek dengan termometer untuk meyakinkan suhunya). Jika mau ada rasa manis pada kopi ditambahkan gula secukupnya kedalam susu yang mau di steam.
  3. Tuang susunya ke dalam gelas (lihat Gambar 3)
  4. Persiapkan Kopi (Single espresso). Yang siap untuk dituang/dilayer kepada susu yang sudah siap.
  5. Tuang Kopi (Single espresso) ke susu yang sudah di steam tadi dengan menggunakan alat bantu sendok untuk menuangnya. Tuangkan dengan hati-hati agar mendapatkan Layered Lattenya (lihat Gambar 4) 
  6. Persiapkan Coklat bubuk, Saringan, dan Kertas yang sudah dimotif. Tuang secukupnya Coklat bubuk kedalam saringan untuk membuat motif pada atas susu. Tuang perlahan coklat bubuknya hingga terbuatna motif yang diinginkan. Dan,
  7. Pour
    Gambar 4
  8. Siap disajikan! Selamat menikmati...
Langkah-langkahnya Layered Latte Dingin Untuk Satu Orang :
  1. Persiapkan Air untuk direbus hingga mendidih (100 derajat Celsius). Untuk membuat Kopi (single espresso). Cek dengan termometer untuk meyakinkan suhunya. (padahal memang tidak perlu dicek ^,^)
  2. Masih sama dengan cara membuat yang panas. Masukan susu yang akan di steam ini kedalam Shaker /Gelas Plastik dengan tutup. Sebanyak 3/4 untuk susunya. Lalu disteam atau dipanaskan,tapi tidak perlu sampai panas sekali yang terpenting sudah dapat bercampur untuk susu dan gulanya (Jika mau ada rasa manis pada kopi ditambahkan gula secukupnya kedalam susu yang mau di steam). Jika sudah mulai tercampur. Masukan Es batu secukupnya. Lalu di shake (digoyang/kocok) sampai terasa dingin pada Shaker/Gelas Pelastik dengan tutupnya.
  3. Tuang susunya ke dalam gelas. Jika masih ada es batunya,jangan ikut dituang kedalam gelas (lihat Gambar 3)
  4. Persiapkan Kopi (Single espresso). Yang siap untuk dituang/dilayer kepada susu yang sudah siap (lihat Gambar 4).
  5. Tuang Kopi (Single espresso) ke susu yang sudah dishake tadi dengan menggunakan alat bantu sendok untuk menuangnya. Tuangkan dengan hati-hati agar mendapatkan Layered Lattenya.
  6. Persiapkan Coklat bubuk, Saringan, dan Kertas yang sudah dimotif. Tuang secukupnya Coklat bubuk kedalam saringan untuk membuat motif pada atas susu. Tuang perlahan coklat bubuknya hingga terbuatna motif yang diinginkan. Dan,
  7. Siap disajikan! Selamat menikmati...

Inilah Hasil karya saya sendiri maaf masih awam

Ice Layer Latte
Ice Layer Latte

Dan saya mendapatkan kutipan informasi yang berguna dari 
website http://www.inilahkoran.com/read/detail/2031942/sajian-cantik-kopi-ber-layer-susu
yang isinya :
"Bartender D'Kota Cafe Aji memaparkan, trik yang digunakan untuk membuat layer pada suguhan minuman panas ini adalah pada permainan suhu. Kata dia, suhu dari kopi yang berada di atas susu harus lebih panas. Hal tersebut, lanjutnya, berguna untuk membuat kondisi kopi tetap stabil pada layernya. Kalau suhunya sama, pasti jatuh. Makanya kopi harus lebih panas biar ber-layer, ujar Aji kepada INILAH.COM saat ditemui di Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Senin (23/9/2013)."

Jika Gagal :
  1. Gagal Layer, adanya permainan/perbedaan suhu pada kopi dan susu (lihat kutipan diatas).
  2. Gagal membuat motif, mungkin saringannya untuk lobang-lobang saringanya kurang rapat. Kurang adanya foam/busa pada susu yang di steam/di shake.
  3. Belajar dan belajar lagi.. Terus semangat! pasti kalian bisa..! (^_^)

Ini adalah berupa Video untuk membantu kalian dalam pembuatan Layered Latte :

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

7 comments

Let's Share My Friend's