Ikan Sapu Sapu Dapat Dimakan atau Tidak? Dan Info Ikan Sapu sapu Raksasa!!

36 comments
Ikan sapu-sapu atau ikan bandaraya . adalah sekelompok ikan air tawar yang berasal dari Amerika tropis yang termasuk dalam famili Loricariidae, namun tidak semua anggota Loricariidae adalah sapu-sapu. Ikan ini dikenal sebagai pemakan alga/"lumut" dan sangat populer sebagai ikan pembersih akuarium. Dalam perdagangan ikan internasional ia dikenal dalam bahasa latin disebut Hypostomus Plecostomus atau dikenal dengan Cleaningser-Fish atau singkatannya, plecos dan plecs. Di Malaysia orang menyebutnya "ikan bandaraya" karena fungsinya seperti petugas pembersih kota ("bandar"). Di Indonesia, analogi yang sama juga dipakai tetapi alatnya yang dipakai sebagai nama (sapu). Ikan ini nyaris dapat hidup bersama dengan ikan akuarium apa saja dan diperdagangkan dalam ukuran kecil atau sedang. Meskipun demikian, ia bisa tumbuh sepanjang 60 cm dan menjadi kurang aktif dan kurang bersahabat.Ikan ini omnivora (pemakan segala) tapi biasanya mencari sisa-sisa tumbuhan air di malam hari.Sebenarnya sapu-sapu mencakup banyak jenis anggota Loricariidae, meskipun yang paling umum dikenal adalah Hypostomus plecostomus. Karena banyaknya impor berbagai macam sapu-sapu, dan banyak sekali yang belum diidentifikasi secara benar, disusunlah suatu daftar sapu-sapu yang disebut nomor-L (L-number) untuk mencirikannya secara sementara.

Ikan sapu-sapu ini memang dikenal untuk membersihkan akuarium dari lumut sehingga akuarium akan selalu terlihat bersih.Namun apabila dalam akuarium tidak ada lumut, ia juga bisa menempel pada ikan hias untuk menghisap lendirnya sehingga daya tahan tubuh ikan yang dihisap akan menjadi lemah.Banyak yang menganggap ikan sapu-sapu ini jelek dan dan menyeramkan. Tapi ternyata ikan yang kelihatan hitam dan jelek ini mampu membuat akuarium menjadi bersih dan indah dipandang. Sehingga kita mampu melihat ikan hias yang coraknya lebih bagus menjadi lebih indah dalam akuarium yang bersih.Harganya pun terbilang murah. Hanya dengan uang seribu untuk ikan sapu-sapu ukuran kecil kita bisa membelinya. Atau mancing gratis seperti saya. 
Ikan sapu-sapu sangatlah tidak menarik. Dia tidak punya kelebihan fisik yang dapat dibanggakan. Harganya pun sangat murah. Tetapi, TUHAN memberikan kelebihan luar biasa pada dia. Dia dapat membersihkan permukaan kaca yang begitu kotor menjadi bening kembali. Itulah yang membuat ikan sapu-sapu begitu dicari-cari oleh siapa saja yang ingin akuarium atau kolam ikannya terbebas dari lumut.”
Apakah Ikan Sapu sapu boleh dimakan...?
Saya mencoba bertanya ke mbah google dengan keyword search yang bermacam-macam pertanyaan.
Saya baca satu persatu,dan saya pun mulai mengerti.  
Mengapa ikan sapu-sapu tidak begitu layak dikonsumsi.
Jika ingin mengkonsumsi ikan sapu-sapu harus juga waspada, karena menurut penelitian, ikan sapu-sapu adalah satu-satunya spesies ikan yang dapat bertahan dalam air yang terkontaminasi sangat berat sekalipun,  
contoh: sungai yang berwarna hitam seperti oli,dll.
Oleh karenanya, setelah diperiksa di laboratorium, ternyata daging ikan sapu-sapu itu banyak mengandung : Merkuri, timbal,logam berat,dsb (bahan pencemaran sungai), ketika ikan-ikan lain sudah pada tewas, ikan sapu-sapu tetap survive, kalo ikan sapu-sapu udah sampe gak ada, berarti gak ada makhluk hidup lain yg bisa hidup, hal ini jadi barometer tingkat pencemaran sungai. Ternyata ikan sapu-sapu itu boleh dimakan, dengan cara dikukus seperti ayam. Dan katanya rasanya seperti ayam juga. masa sih???

"Apabila di dalam tubuh makhluk hidup telah terkontaminasi logam berat dalam jumlah besar, akan dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan.Dampak yang ditimbulkan oleh tembaga adalah kerusakan hati, sedangkan untuk logam kadmium berdampak antara lain penyakit ginjal, gangguan lambung, dan kerapuhan tulang. Selain itu, juga berkurangnya hemoglobine darah dan pigmentasi gigi. Dampak yang ditimbulkan timbul antara lain kerusakan saraf otak, anemia, dan kelumpuhan.Karena itu, mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran UMS tersebut menyarankan hendaknya masyarakat tidak mengonsumsi ikan sapu-sapu telah terkontaminasi logam berat dalam jumlah besar."

Nah.. silahkan kalian sendiri yang menilai, layak dimakan apa tidak?
Tapi buat saya sendiri ikan sapu-sapu itu tak seburuk anggapan orang-orang itu, buat saya ikan sapu-sapu adalah makhluk yang sebagian dari iman. Kenapa? Dia aja suka membersihkan aquarium, berarti dia termasuk makhluk pencinta kebersihan. Lihat saja slogannya “Kebersihan sebagian dari iman” ^0^

Ada sedikit cerita dari sahabat di lain website ini tentang mendapatkan pengalaman dari ikan sapu sapu. Begini katanya.



"Ikan sapu-sapu memiliki bentuk dan warna yang kurang menarik,
tetapi ikan sapu-sapu sangat berguna untuk membersihkan akuarium.
Jadi sebagai manusia mungkin sering menganggap diri sendiri kurang
menarik tetapi sebenarnya manusia mempunyai fungsi dan kelebihannya masing-masing"

Ikan sapu-sapu raksasa





Biasanya ikan sapu sapu di pelihara di aquarium untuk ngebersihin kaca aquarium bagian dalam  ikan ini bisa tumbuh mencapai 40 cm
tapi ikan sapu sapu yang di temukan Shaun Brown di Grand Union canal Leicester begitu besar bentuknya. ikan ini sebenarnya hidup di daerah tropis amerika selatan.




* Armoured suckermouth catfish grow up to 2ft long. Females are bigger than males.
* Herbivores, they feed mainly on algae - but will eat almost any detritus.
* Sucker-like lips enable them to cling to surfaces and rasp off food.
* Live in tropical South and Central America. Able to survive in very fast and dirty water.
* Rapid breeders, females lay their eggs on submerged stones, logs or in holes.
* Males guard the eggs, which hatch in 3 to 5 days.
* Natives reported to eat the eggs as caviar.
* Popular aquarium fish because they provide a 'clean-up service' for the tank by hoovering up algae.
* Sometimes called 'plecos' or 'plecs' after Latin name 'hypostomus plecostomus'.
* More than 100 different species of suckermouth catfish. Some can live out of water for up to 30   hours.


Refrensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sapu-sapu
http://octavhia.wordpress.com/2009/11/09/pelajaran-kehidupan-bab-memancing-ikan-sapu-sapu/
http://ptp2007.wordpress.com/2008/11/19/hindari-mengonsumsi-ikan-sapu-sapu/
ciiputra.wordpress.com/tag/sapu-sapu/
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

36 comments

  1. Kl mo mncing ikan sapu sapu cocok n pasnya pke umpan apa ya mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas imung.. pkai Udang dan cacing,,

      coba dbaca di web ini..

      http://kiostips.blogspot.com/2012/11/9-jenis-ikan-tawar-yang-bisa-dipancing.html


      smoga mmbantu,,

      Delete
    2. Paling josss pake sulur (susu telur)

      Delete
    3. mksih mas JIW
      untuk sharenya :)

      Delete
  2. Duh mas, meskipun aku sangat doyan makan segala jenis ikan, tapi ini ikan kok serem banget tampangnya. Oh ya, lele aku juga nggak doyan tuh. Ma kasih atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmna ma ikan pari?? ikan hiu martil?? haha kepalanya kan sama tuh... ^_^

      sama2 snang bsa mmbantu...

      Delete
  3. AYAHKU DARI DESA GONDANG LEGI , KABUPATEN SOLO MAKAN IKAN PEMBERSIH KACA DENGAN CARA DIBAKAR DULU BARU DIGORENG .WAKTU ITU DI KOTA MOJOKERTO IKAN PEMBERSIH KACA MASIH SANGAT SEDIKIT

    ReplyDelete
  4. AYAHKU DARI DESA GONDANG LEGI , KABUPATEN SOLO .Dia MEMISAHKAN SISIK KERAS IKAN PEMBERSIH KACA DENGAN DIBAKAR .AYAHKU TERMASUK ORANG PEDALAMAN SOLO . AKU HERAN , TERKEJUT DENGAN CARANYA HEBAT .WAKTU ITU SEKITAR TAHUN 1987 JUMLAH IKAN INI SANGAT SEDIKIT DI MOJOKERTO .

    ReplyDelete
  5. trims gan infox...
    saya jadi tau ikan ini mampu bertahan dalam air yg tercemar sekalipun

    ReplyDelete
  6. Itu ujuknya bisa di makan juga ?

    ReplyDelete
  7. Woow.. ikan pembersih.. bgaiman klw di taruh Got..? Mungkin gak ada Got yg kotor

    ReplyDelete
  8. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat. Jika anda gemar memancing, kunjungi website kami untuk tahu rahasia mendapat hasil ikan berlimpah http://bit.ly/2vBCEHB

    ReplyDelete
  9. You can use different lipstick shades such as red, orange, and peach all of them will look brillant.

    ReplyDelete
  10. You can use different lipstick shades such as red, orange, and peach all of them will look brillant.

    ReplyDelete
  11. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    ReplyDelete
  12. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    ReplyDelete
  13. my friends make me agree to buy a diamond ring from a trusted online jeweler Visit here are one of the best among Online jewelers.

    ReplyDelete
  14. Apakah tergantung dalam tempat ikan itu berada..kalo seumpama ikan itu hidup di sungai yg jernih apakah kandungan dagingnya masih mengandung merkuri dll.?

    ReplyDelete
  15. Writing a compelling caption that directly hits the essence of your post then visite herewill cherish the followers, and they will instantly smack the love button.

    ReplyDelete
  16. Writing a compelling caption that directly hits the essence of your post then visite herewill cherish the followers, and they will instantly smack the love button.

    ReplyDelete
  17. You need to organize your tasks and do only one thing at a time as they say that the passenger of two boats is prone to be drowned then visit here.

    ReplyDelete
  18. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here

    ReplyDelete
  19. i like your article and you may know about electronics shops in dubai by visiting our site

    ReplyDelete
  20. Thanks For sharing Awesome Post. Visit here for further information.

    ReplyDelete
  21. Thanks For sharing Awesome Post. Visit here for further information.

    ReplyDelete
  22. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here

    ReplyDelete
  23. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here

    ReplyDelete
  24. How to enable 60FPS - Smooth Extreme in Any Phone Without Gfx Tool App |Unlock 60fps in PUBG Mobile.
    100% Gauranteed with proof. Must Watch if you want to improve your Gameplay.

    How to enable 60FPS - Smooth Extreme in Any Phone Without Gfx Tool App |Unlock 60fps in PUBG Mobile

    ReplyDelete
  25. Ikan sapu-sapu memang sangat penting untuk dijadikan salah satu ikan hias akuarium karena bentuknya yang unik, dan suka bersih-bersih alga yang menempel di dinding akuarium. Jadi wajar ikan ini banyak digemari, apalahi jenis ikan sapu-sapu hias, wihhh Mantap pokoknya!

    ReplyDelete

Let's Share My Friend's