Mars Utara Daerah Kutub Dalam Transisi

No Comments

Mars utara daerah kutub dalam transisi

Studi menunjukkan bahwa Kutub Utara Cap ditutupi oleh air beku dan karbon dioksida dalam es musim dingin dan musim semi, tetapi menghangatkan es karbon dioksida dan menguap ke atmosfer selama musim panas Planet Merah.
Mars daerah kutub utara
Gambar ini diakuisisi oleh Mars Express Kamera Resolusi Tinggi Stereo pada tanggal 17 Mei 2010, dan menunjukkan bagian dari wilayah kutub utara Mars pada titik balik matahari musim panas belahan bumi utara.
Foto oleh ESA / DLR / FU Berlin (G. Neukum)
Sebuah gambar yang baru dirilis dari ESA Mars Express menunjukkan kutub utara Mars selama titik balik matahari musim panas Planet Merah itu. Semua es karbon dioksida telah pergi, hanya meninggalkan topi cerah air es.
Gambar ini, diambil oleh Kamera Resolusi Tinggi Stereo pengorbit pada 17 Mei 2010, menunjukkan bagian dari wilayah kutub utara Mars selama titik balik matahari musim panas. Solstice adalah hari terpanjang dan awal musim panas untuk belahan bumi utara planet.
Perisai es ditutupi oleh air beku dan karbon dioksida dalam es musim dingin dan musim semi, tetapi dengan titik ini dalam tahun Mars semua es karbon dioksida telah menghangat dan menguap ke atmosfer planet.
Hanya air es yang tersisa di belakang, yang muncul sebagai daerah putih terang di foto ini. Dari lapisan ini, semburan besar uap air kadang-kadang dilepaskan ke atmosfer.
Es kutub mengikuti musim. Di musim dingin, bagian dari recondenses suasana seperti es dan salju di tutup utara. Deposito ini musiman dapat memperpanjang selatan sejauh 45 ° lintang utara dan bisa sampai satu meter tebal.
Fenomena lain terjadi pada scarps melengkung dari topi kutub utara, seperti kemiringan Tenuis Rupes (di sebelah kiri gambar ini). Selama musim semi, lapisan karbon dioksida musiman tertutup oleh air es. Pada waktu-waktu tertentu, angin menghilangkan lapisan milimeter-tebal atas air beku, mengungkapkan es karbon dioksida di bawah.
Proses ini menjadi saksi siklus air di Mars yang dinamis dan dapat menyebabkan akumulasi berbagai air es di atas kutub.
Fitur terlihat lain dalam gambar ini meliputi Chasma Boreale ngarai, deposito berwarna, dan bidang gundukan besar. Chasma Boreale adalah sekitar 1 mil (2 km) yang mendalam, km 360 (580 km) panjang, dan sekitar 60 mil (100 km) lebar. Dinding memungkinkan pandangan yang sempurna ke dalam strata dalam deposito. Ada dampak kawah di lantai ngarai, beberapa sangat tertutup oleh pasir dan beberapa sebagian digali.
Deposito gelap dan terang-kencang dapat dilihat sebagai penutup yang baik dan teratur. Sedimen gelap telah dijatuhkan oleh angin badai debu selama musim semi. Pola dibuat ketika deposito perubahan kuantitas sesuai dengan musim.
Tutup kutub dikelilingi oleh lapangan gundukan besar, bagian yang memperpanjang 370 (600 km) ke selatan.
Mars Express akan segera menggunakan radar untuk menyelidiki topi kutub utara dalam tiga dimensi. Karena antena radar ditempatkan pada pertengahan 2005, tim telah menunggu kondisi yang tepat untuk mengamati daerah.
Radar bekerja paling baik pada malam hari ketika gangguan listrik dari atmosfer planet adalah minimal. Sebuah kesempatan yang baik untuk mengamati bentuk topi itu, kedalaman, dan komposisi terjadi pada Agustus dan September 2011.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment

Let's Share My Friend's