Aktivasi otak tengah adalah suatu penemuan
fenomenal dalam pendidikan anak. Teori penggunaan otak tengah sebenarnya telah
banyak dilakukan pada banyak negara negara di Asia terutama Jepang. Jepang
telah lama melakukan praktek aktivasi otak tengah pada anak-anak.Seorang anak
yang telah diaktivasi otak tengah akan memiliki kemampuan lebih dibandingkan
dengan anak yang otak tengahnya belum di aktivasi.
Kegiatan dengan mata tertutup adalah suatu kegiatan
yang paling nyata dapat dilihat. Seorang anak yang telah diaktivasi otak
tengahnya (Mid Brain Activated) dapat mempunyai kemampuan luar biasa. Kemampuan
ini bahkan sering kali dipertontonkan secara menakjubkan dalam program hiburan
sulap. Setelah melihat kemampuan anak yang telah diaktivasi, sebagian besar
acara pertandingan sulap di The Master menjadi kurang menarik. Karena hal ini
dapat dilakukan sendiri oleh anak-anak polos yang hanya mengikuti training
aktivasi otak tengah selama 2 hari. Kemampuan dasar yang dapat dilakukan adalah
‘melihat’ kartu dengan mata ditutup (blind fold). Christofle (9 thn) misalnya,
setelah mengikuti training aktivasi otak tengah, dapat mengurutkan
seluruh kartu remi sesuai dengan angka, warna dan bentuk gambar kartu dengan
mata tertutup. Ia dapat mempergunakan indra raba untuk melihat pola dan warna
lengkap dengan angka hanya dengan penglihatan kulit (Skin Vision).
Kemampuan lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak ini
adalah berjalan dengan mata ditutup, tanpa menabrak. Dilakukan percobaan pada
seorang anak yang berjalan dengan mata ditutup kain. Seseorang sengaja
menghalangi jalan didepannya. Dia serta merta dapat menghindari rintangan
tersebut tanpa menyentuhnya. Seorang anak bahkan dapat mengenali ayahnya
diantara kerumunan orang-tua lainnya, tanpa menyentuh dan mendengar suaranya.
Pada tingkatan yang lebih lanjut seorang anak
diharapkan dapat ‘melihat’ benda dibalik tembok atau didalam kotak. Ia bahkan
dapat menghitung uang yang terdapat dalam dompet seeorang di hadapannya tanpa
orang tersebut mengeluarkan dompetnya. Jika seorang anak rajin melatih fungsi
otak tengahnya bahkan dia dapat mengharapkan membaca dokumen yang terletak
dalam posisi tertutup.
Kemampuan prediksi (memperkirakan apa yang akan
terjadi beberapa saat kemudian) adalah kemampuan yang lebih tinggi yang dapat
di miliki oleh seorang anak. Seorang anak yang telah mendapat aktivasi otak
tengah dapat ‘menduga’ kartu apa yang akan muncul pada saat orang tersebut
masih mengocok kartunya. Begitu selesai mengocok, dan memilih sebuah kartu,
orang tersebut mengambil sebuah kartu yang ternyata tepat seperti ‘dugaan’ sang
anak tersebut.
Aktivasi otak tengah bukanlah suatu hal yang
magis atau berbau supranatural. Aktivasi otak tengah dilakukan dengan secara ilmiah. Aktivasi otak tengah ini banyak mempergunakan gelombang otak Alpha. Gelombang otak Alpha di buktikan secara ilmiah adalah gelombang otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif. Gelombang otak ini biasanya dominan pada saat kita bangun tidur, atau dalam keadaan relax di toilet, atau bahkan sedang berendam air panas di bathtub. Tidak heran mengapa Archimedes menemukan hukum Achimedes pada saat dia mandi.
magis atau berbau supranatural. Aktivasi otak tengah dilakukan dengan secara ilmiah. Aktivasi otak tengah ini banyak mempergunakan gelombang otak Alpha. Gelombang otak Alpha di buktikan secara ilmiah adalah gelombang otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif. Gelombang otak ini biasanya dominan pada saat kita bangun tidur, atau dalam keadaan relax di toilet, atau bahkan sedang berendam air panas di bathtub. Tidak heran mengapa Archimedes menemukan hukum Achimedes pada saat dia mandi.
Otak tengah yang teraktivasi memancarkan
gelombang otak yang mirip seperti radar. Hal ini membuat pemiliknya mampu
melihat benda dalam keadaan mata tertutup. Pada dasarnya, gelombang tersebut
terletak di bawah hidung. Hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit di
bawah hidung.
Latihan yang teratur dapat membuat sang anak menjadi
lebih kuat dan mampu melihat benda yang terletak lebih tinggi lagi. Bahkan ada
beberapa anak yang dapat medeteksi sampai 360 derajat. Hal itu berarti mereka
dapat mendeteksi benda yang terletak di belakang, atas dan semua arah.
Training aktivasi otak tengah telah mulai
dilakukan di Indonesia. Saat ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaan
dari training ini. Training biasanya dilakukan selama 2 hari. Pada saat
itu juga biasanya dilakukan training untuk para orang tua. Seperti juga bidang
keahlian lainnya, orang tua berperan besar untuk dapat membantu anak mengembangkan
potensi otak tengah mereka. Seorang anak dengan otak tengah yang
kuat, diharapkan dapat mengembangkan otak kanan dan otak kiri secara lebih
maksimal sehingga mereka dapat masuk kategori jenius. Bukan hanya dalam otak
kiri (IQ, intelektual) , atau otak kanan (emosional, EQ) tetapi juga dalam
‘Loving Inteligence’. Mereka adalah individu yang seimbang dan mengasihi orang
lain seperti sang pencipta mengasihi dia.
Bagaimana, kalian sudah mengeri mengenai kelebihan
otak tengah bukan?? Tapi Sayangnya training aktivasi otak tengah ini hanya
dapat dilakukan untuk anak umur 5 – 15 tahun saja. Jadi kita sebagai orang
Dewasa tidak bisa mengikuti pelatihan otak tengah ini. dengan kata lain,
generasi di bawah kita di harapkan bisa membawa indonesia menjadi lebih baik
lagi di mata internasional..
Aktivasi otak tengah ini merupakan temuan luar biasa yang telah banyak
diaplikasikan di Rusia, dan mulai berkembang di Jepang, Malaysia, dan kini di
Indonesia. "Hanya anak di usia 5 hingga 15 tahun saja yang mampu menerima
aktivasi ini," kata Usep.
Sayangnya, gemparnya otak tengah di Indonesia malah mengarah pada hal-hal magic. Ada beberapa orang tua yang enggan mengaktivasikan otak tengah anaknya, dengan alasan khawatir jika Si kecil juga akan mampu melihat makhluk halus setelah mendapatkan pelatihan aktivasi.
"Saya takut jika nantinya dia juga bisa melihat setan. Jadi saya ingin anak saya berkembang secara alamiah saja," ujar Maya (30), warga Semarang.
Ketakutan Maya, ditampik oleh Usep. Menurutnya, membuat otak tengah bekerja atau teraktivasi, sama sekali tidak berkaitan dengan hal-hal supranatural. Otak tengah yang sudah teraktivasi, akan memancarkan gelombang otak yang mirip radar. Akibatnya anak yang sudah teraktivasi otak tengahnya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup namun tidak akan sampai melihat mahluk halus kecuali memang si anak secara alamiah memiliki bakat indera ke 6 yang sudah terbuka. Bahkan anak yang telah memiliki indera ke 6 pun tidak akan bisa melakukan hal seperti anak yang otak tengahnya aktif kecuali otak tengahnya telah dibuka melalui pelatihan.
Sedangkan untuk biaya aktivasi otak tengah di Semarang dan sekitarnya, rata-rata mencapai Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta. "Yang terpenting, pasca pelatihan aktivasi, orang harus rajin mengasah kemampuan anak. Jika tidak rajin dilatih, aktivasi yang telah diberikan akan sia-sia," imbuh Usep.
Sayangnya, gemparnya otak tengah di Indonesia malah mengarah pada hal-hal magic. Ada beberapa orang tua yang enggan mengaktivasikan otak tengah anaknya, dengan alasan khawatir jika Si kecil juga akan mampu melihat makhluk halus setelah mendapatkan pelatihan aktivasi.
"Saya takut jika nantinya dia juga bisa melihat setan. Jadi saya ingin anak saya berkembang secara alamiah saja," ujar Maya (30), warga Semarang.
Ketakutan Maya, ditampik oleh Usep. Menurutnya, membuat otak tengah bekerja atau teraktivasi, sama sekali tidak berkaitan dengan hal-hal supranatural. Otak tengah yang sudah teraktivasi, akan memancarkan gelombang otak yang mirip radar. Akibatnya anak yang sudah teraktivasi otak tengahnya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup namun tidak akan sampai melihat mahluk halus kecuali memang si anak secara alamiah memiliki bakat indera ke 6 yang sudah terbuka. Bahkan anak yang telah memiliki indera ke 6 pun tidak akan bisa melakukan hal seperti anak yang otak tengahnya aktif kecuali otak tengahnya telah dibuka melalui pelatihan.
Sedangkan untuk biaya aktivasi otak tengah di Semarang dan sekitarnya, rata-rata mencapai Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta. "Yang terpenting, pasca pelatihan aktivasi, orang harus rajin mengasah kemampuan anak. Jika tidak rajin dilatih, aktivasi yang telah diberikan akan sia-sia," imbuh Usep.
Fungsi Otak Kiri
Kedua belahan otak yang dimiliki manusia merupakan dua bagian yang tidak terpisah tanpa ada hubungan. Kedua belahan otak tersebut tetap saja memiliki hubungan (koneksi), walaupun setiap belahan otak bentuknya memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lain. Proses berpikir otak kiri bersifat logis, linier (searah), rasional, sistematis, dan detail.
Kedua belahan otak yang dimiliki manusia merupakan dua bagian yang tidak terpisah tanpa ada hubungan. Kedua belahan otak tersebut tetap saja memiliki hubungan (koneksi), walaupun setiap belahan otak bentuknya memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lain. Proses berpikir otak kiri bersifat logis, linier (searah), rasional, sistematis, dan detail.
1. Logis
Logis merupakan suatu cara berpikir di mana bentuk dari berpikir itu sudah terpola dengan baku. Sebuah kesimpulan dalam cara berpikir logik didapat melalui suatu proses yang taat/terikat pada pola tersebut. Misalnya ada sebuah pernyataan bahwa semua manusia pasti mati (premis mayor). Kemudian ada pernyataan berikutnya yang mengatakan bahwa Tono adalah manusia (premis minor). Dari dua pernyataan tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Tono pasti mati. Pada cara berpikir logis, sebuah kesimpulan didapat melalui sebuah penalaran yang sudah berpola.
Logis merupakan suatu cara berpikir di mana bentuk dari berpikir itu sudah terpola dengan baku. Sebuah kesimpulan dalam cara berpikir logik didapat melalui suatu proses yang taat/terikat pada pola tersebut. Misalnya ada sebuah pernyataan bahwa semua manusia pasti mati (premis mayor). Kemudian ada pernyataan berikutnya yang mengatakan bahwa Tono adalah manusia (premis minor). Dari dua pernyataan tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Tono pasti mati. Pada cara berpikir logis, sebuah kesimpulan didapat melalui sebuah penalaran yang sudah berpola.
2. Linier
Linier merupakan suatu cara berpikir di mana apa yang dipikirkan selau serah. Misalnya apabila kita masuk ke dalam suatu ruangan yang gelap maka kita tidak akan dapat melihat, semakin gelap maka semakin tidak dapat melihat. Berpikir linier selalu melihat suatu hubungan berjalan.
Linier merupakan suatu cara berpikir di mana apa yang dipikirkan selau serah. Misalnya apabila kita masuk ke dalam suatu ruangan yang gelap maka kita tidak akan dapat melihat, semakin gelap maka semakin tidak dapat melihat. Berpikir linier selalu melihat suatu hubungan berjalan.
3. Rasional
Rasional merupakan berpikir dengan menggunakan rasio sebagian dasar berpikirnya. Ide atau gagasan yang diperoleh didapat melalui suatu proses pertama informasi di tanggap oleh indera, kemudian diolah di otak, dihubungkan dengan pengetahuan sebelumnya, kemudian menghasilkan sebuah ide atau gagasan. Ini berbeda dengan berpikir intuitif di mana ide atau gagasan tiba-tiba muncul entah dari mana asalnya.
Rasional merupakan berpikir dengan menggunakan rasio sebagian dasar berpikirnya. Ide atau gagasan yang diperoleh didapat melalui suatu proses pertama informasi di tanggap oleh indera, kemudian diolah di otak, dihubungkan dengan pengetahuan sebelumnya, kemudian menghasilkan sebuah ide atau gagasan. Ini berbeda dengan berpikir intuitif di mana ide atau gagasan tiba-tiba muncul entah dari mana asalnya.
4. Sistematika
Sistematika merupakan proses berpikir di mana berpikir merupakan tahapan, dari tahap yang paling awal, kemudian, dan akhir. Dalam berpikir sistematika tidak diperkenan melewati satu tahapan dalam berpikir (loncat-loncat).
5. Detail
Berpikir detail merupakan berpikir dimana apa yang kita pikirkan kita bagi pada bagian yang rinci. Kemudian kita telaah secara spesifik dan mendalam.
Dominasi Otak Kiri
Sebagaimana telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa, setiap individu
memiliki kecenderungan untuk dominan pada salah satu dari dua belahan otak yang
ada, bisa dominan pada fungsi belahan otak kanan, atau dominan pada fungsi
belahan otak kiri. Individu yang dominan pada belahan otak kiri merupakan
individu yang akan nampak teratur, mengerjakan sesuatu dengan aturan yang
jelas, ia akan mengerjakan sesutu secara bertahap sebagaimana yang telah ia
buat. Individu dengan dominasi otak kiri merupakan individu yang berpikir
secara detail. Dalam melihat suatu masalah biasanya ia menganalisa secara
mendalam dan rinci. Orang-orang dengan dominan pada belahan otak kiri biasanya
merupakan pemikir yang serius dengan mengkaitkan pada logika dan penalaran yang
rasional.
Karakteristik Otak Kanan
Kebanyakan anak-anak lahir dengan kecenderungan dominan pada otak kanan. Belahan otak kanan ini lebih bermanfaat ketika mereka membentuk peristiwa-peristiwa ke dalam suatu pola selama mereka menemukan dunia. Anak-anak pada tahan awal belajar memberikan respon pada bentuk, bau, dan suara yang sudah dikenalinya. Ketika mereka tumbuh dan hubungan antara dua belahan otak mulai dibangun, mereka mulai memperlihatkan kemampuan kognitif yang lebih kuat pada belahan otak kanan baru kemudian belahan otak kiri. Belahan otak kanan adalah sumber intuisi, insight, kiasan, imajinasi. Belahan otak kanan ini memiliki banyak muatan dalam keterlibatannya pada proses kretaifitas. Suka melucu adalah salah satu ciri dari belahan otak kanan. Karakteristik itu juga yang kita dapat temui pada orang-orang yang kreatif.
Kebanyakan anak-anak lahir dengan kecenderungan dominan pada otak kanan. Belahan otak kanan ini lebih bermanfaat ketika mereka membentuk peristiwa-peristiwa ke dalam suatu pola selama mereka menemukan dunia. Anak-anak pada tahan awal belajar memberikan respon pada bentuk, bau, dan suara yang sudah dikenalinya. Ketika mereka tumbuh dan hubungan antara dua belahan otak mulai dibangun, mereka mulai memperlihatkan kemampuan kognitif yang lebih kuat pada belahan otak kanan baru kemudian belahan otak kiri. Belahan otak kanan adalah sumber intuisi, insight, kiasan, imajinasi. Belahan otak kanan ini memiliki banyak muatan dalam keterlibatannya pada proses kretaifitas. Suka melucu adalah salah satu ciri dari belahan otak kanan. Karakteristik itu juga yang kita dapat temui pada orang-orang yang kreatif.
Fungsi Otak kanan
Belahan otak kanan memiliki fungsi yang khusus yang berlainan dengan belahan otak kiri. Belahan otak kanan memiliki fungsi: acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh.
1. Acak
Acak yang dimaksud di sini adalah bahwa belahan otak kanan bekerja menghasilkan suatu ide, atau suatu kesimpulan tidak melalui suatu proses berpikir yang kaku. Dalam menghasilkan suatu lukisan yang indah seorang pelukis menemukan idenya tanpa harus berpikir logik. Ia berimajinasi dari suatu peristiwa pada peristiwa yang lain, dari suatu keadaan kepada keadaan yang lain.
2.Tidak teratur
Belahan otak kanan memiliki karakterisik untuk berpikir tidak teratur. Ia dapat langsung pada ide pokoknya baru pada bagian lain yang lebih kecil, atau memulai sesuatu tanpa ada tahapan yang jelas
Belahan otak kanan memiliki karakterisik untuk berpikir tidak teratur. Ia dapat langsung pada ide pokoknya baru pada bagian lain yang lebih kecil, atau memulai sesuatu tanpa ada tahapan yang jelas
3. Intuitif
Berpikir intuitif adalah berpikir di mana ide atau gagasan didapat tanpa melalui proses berpikir yang rasional. Ide atau gagasan itu muncul saja dari dalam pikirannya tanpa ia mengetahui dari mana asal pikiran itu. Ketika berada dalam kamar mandi terkadang muncul solusi atas permasalahan yang sebelumnya tidak kita ketemukaan jawabannya. Atau tiba-tiba kita ingin sekali pergi menemui ibu kita di rumah tanpa ada sesutu yang terjadi sebelumnya. Itulah berpikir intuitif.
4. Menyeluruh
Berpikir menyeluruh adalah berpikir dengan mempertimbangkan banyak hal. Melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang, berbagai aspek. Dengan fungsi otak kanan ini, manusia dapat berpikir bahwa yang menyebabkan banjir bukan hanya karena hujan besar, akan tetapi banyak faktor lain lagi, seperti perilaku membuang sampah di kali, hilangnya daerah serapan air, banyaknya bangunan, dan lain sebagainya.
Cara berpikir otak kanan bersifat acak, tidak teratur, intuitif, dan menyeluruh. Cara berpikirnya sesuai dengan cara-cara untuk mengetahui yang bersifat nonverbal, seperti perasaan, dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (perasaan kehadiran suatu benda atau orang), kesadaran ruang, pengenalan bentuk dan pola, musik, seni, kepekaan warna, kreativitas, dan visualisasi.
Dominasi Otak Kanan
Individu yang dominan pada belahan otak kanan merupakan individu yang acak dalam berpikir. Tidak seperti individu dengan dominan pada otak kiri yang linier (searah), individu dengan dominan pada belahan otak kanan lebih dapat melihat suatu pada sisi yang berbeda-beda. Dalam melihat suatu masalah individu dengan dominan pada otak kanan melihat masalah lebih luas dan menyeluruh. Karena mereka berpikir acak, biasanya mereka memiliki punya banyak ide. Ide-ide tersebut bermunculan dari pikiran mereka secara intuitif (langsung dari dalam dan tidak melalui proses berpikir yang logis). Kekurangannya tentu saja terkadang mereka memiliki banyak sekali ide atau gagasan akan tetapi tidak fokus. Individu dengan dominasi pada otak kanan biasanya memiliki kreatifitas yang tinggi. Mereka dapat menghubungkan hal-hal yang ada untuk memunculkan hal-hal yang baru. Seorang yang kreatif ketika melihat kursi, melihat ban bekas, akan dapat menghubungkannya dengan membuat kursi dengan ban bekas tersebut.
Individu yang dominan pada belahan otak kanan merupakan individu yang acak dalam berpikir. Tidak seperti individu dengan dominan pada otak kiri yang linier (searah), individu dengan dominan pada belahan otak kanan lebih dapat melihat suatu pada sisi yang berbeda-beda. Dalam melihat suatu masalah individu dengan dominan pada otak kanan melihat masalah lebih luas dan menyeluruh. Karena mereka berpikir acak, biasanya mereka memiliki punya banyak ide. Ide-ide tersebut bermunculan dari pikiran mereka secara intuitif (langsung dari dalam dan tidak melalui proses berpikir yang logis). Kekurangannya tentu saja terkadang mereka memiliki banyak sekali ide atau gagasan akan tetapi tidak fokus. Individu dengan dominasi pada otak kanan biasanya memiliki kreatifitas yang tinggi. Mereka dapat menghubungkan hal-hal yang ada untuk memunculkan hal-hal yang baru. Seorang yang kreatif ketika melihat kursi, melihat ban bekas, akan dapat menghubungkannya dengan membuat kursi dengan ban bekas tersebut.
Teknik Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan
Kedua belahan otak penting artinya. Orang yang memanfaatkan kedua belahan otak ini secara simbang, maka belajar terasa sangat mudah karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang sedang dihadapi. Orang yang masuk dalam kategori otak kiri dan ia tidak melakukan upaya tertentu memasukkan beberapa aktivitas otak kanan dalam hidup kita, ketidak seimbangan tersebut dapat mengakibatkan orang tersebut stress dan juga kesehatan mental dan fisik yang buruk. Kita dapat menggunakan beberapa strategi untuk menyeimbangkan fungsi belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Menyeimbangkan di sini tentu berarti membuat kedua belahan otak tersebut berfungsi ketika kita melakukan sesuatu. Strartegi yang dapat kita gunakan seperti menggunakan musik dalam melakukan aktifitas berpikir, serta berolahraga teratur. Yang terpenting dalam kedua teknik tersebut adalah memunculkan keadaan yang relaks. Karena dengan keadaan relaks tersebut akan membuat koneksi atau hubungan antara kedua belahan otak menjadi cepat. Hal ini dapat kita lihat pada pemikir-pemikir bagaimana mereka menemukan ide dan inspirasi yang menghasilkan teori dan penemuan. Pada saat logika proses mengalami kemandegan, maka relaksasi dari sebuah kerja yang serius pun diperlukan. Enstein telah menulis banyak ide terbaik yang datang ketika bermimpi atau sedang bercukur. Seorang pemain drama terkenal Yunani, Euripides, ketika berendam dalam bak mandi, menemukan displacement teori. Newton, menemukan bayak ide-ide hebat ketika bermanja dalam kasih sayang ibunya. Dalam contoh-contoh di atas insight tidak datang pada saat konsentrasi penuh pada apa yang kita pikirkan, walaupun tahap berpikir focus merupakan hal yang penting untuk perisapan berpikir. Hal ini memberikan gambaran pada kita pentingnya belahan otak kanan pada kehidupan manusia.
Menggunakan Musik
Musik tentunya adalah sesuatu yang dekat dengan kehidupan manusia. Musik
merupakan ekspresi perasaan manusia, sehingga biasanya manusia menyukai musik
karena hal itu seperti merefleksikan perasaannya, dan hal itu membuat manusia
menjadi senang, dan nyaman. Hal inilah yang mungkin membuat manusia menyukai
musik dan menjadikan musik bagian dari kehidupannya.
Untuk menyeimbangkan kecenderungan masyarakat terhadap otak kiri, perlu
dimasukkan musik dan estetika dalam pengalaman belajar kita, dan memberikan
umpan balik positif bagi diri kita. Semua itu menimbulkan emosi positif, yang
membuat otak kita lebih efektif. Emosi yang positif mendorong ke arah kekuatan
otak, yang berujung kepada keberhasilan, sehingga kita memperoleh kehormatan
diri yang lebih tinggi, yang membuat emosi menjadi lebih positif.
Dalam belajar misalnya, kita dapat berpikir sambil mendengarkan musik yang memang kita sukai. Dengan kita mendengarkan musik yang kita sukai membuat kita merasa senang, relaks sehingga merangsang fungsi belahan otak kanan, yang akan sangat membantu dalam proses belajar yang menggunakan belahan otak kiri.
Dalam belajar misalnya, kita dapat berpikir sambil mendengarkan musik yang memang kita sukai. Dengan kita mendengarkan musik yang kita sukai membuat kita merasa senang, relaks sehingga merangsang fungsi belahan otak kanan, yang akan sangat membantu dalam proses belajar yang menggunakan belahan otak kiri.
Membiasakan Berolah raga
Cobalah eksperimen kecil ini. Berikanlah pertanyaan ini kepada teman
kita”apa maksudnya ketika kita berkata fakta adalah cara mempermudah memahami
pengetahuan”. Apakah mata teman kita bergerak ke kanan? Jika ya, maka
berikanlah pertanyaan “bayangkanlah rumahmu dan hitunglah berapa jumlah jendela
yang ada?”. Apakah matanya melihat kearah kiri ?. pada umumya, terutama pada
orang-orang yang menggunakan tangan kanannya, sesunguhnya ia mengaktifkan
fungsi belahan otak kiri (berhubungan dengan bahasa), maka akan dibarengi oleh
aktifitas tubuh bagian kanan atau yang berorientasi pada bagian kaanan. Ketika
belahan otak kanan berfungsi (berhubungan dengan gambar, atau tugas-tugas yang
berhubungan dengan ruang) maka akan dibarengi oleh aktifitas tubuh bagian kiri.
Eksperimen di atas memberikan gambaran adanya koneksi atau hubungan antara belahan otak kiri dengan tubuh bagian kanan, dan belahan otak kanan dengan tubuh bagian kiri. Agar otak kita dapat berfungsi secara optimal dalam arti kita memfungsikan kedua belahan otak tersebut, maka penting sekali kiranya kita terbiasa menggerakan kedua bagian tubuh kita dengan sama baiknya. Misalnya tidak selalu menulis dengan tangan kanan, dan sama sekali tidak memberikan latihan pada tangan kiri untuk beraktifitas. Menggerakkan seluruh angota tubuh baik pada bagian kanan, mapun pada bagian kiri akan terasa mudah apabvila itu dilakukan dalam konteks berolahraga. Senam misalnya, merangsang seluruh bagian tubuh untuk bergerak dan hal baik untuk otak karena merangsang berfungsinya kedua belahan otak, baik otak kiri, maupun otak kanan.
Penutup
Eksperimen di atas memberikan gambaran adanya koneksi atau hubungan antara belahan otak kiri dengan tubuh bagian kanan, dan belahan otak kanan dengan tubuh bagian kiri. Agar otak kita dapat berfungsi secara optimal dalam arti kita memfungsikan kedua belahan otak tersebut, maka penting sekali kiranya kita terbiasa menggerakan kedua bagian tubuh kita dengan sama baiknya. Misalnya tidak selalu menulis dengan tangan kanan, dan sama sekali tidak memberikan latihan pada tangan kiri untuk beraktifitas. Menggerakkan seluruh angota tubuh baik pada bagian kanan, mapun pada bagian kiri akan terasa mudah apabvila itu dilakukan dalam konteks berolahraga. Senam misalnya, merangsang seluruh bagian tubuh untuk bergerak dan hal baik untuk otak karena merangsang berfungsinya kedua belahan otak, baik otak kiri, maupun otak kanan.
Penutup
Menyeimbangkan kerja kedua belahan otak tentunya tidak sama dengan
menggunakannya separuh-separuh dalam setiap pekerjaan, akan tetapi artinya
mengaktifkan kedua belahan otak pada saat mengerjakan suatu pekerjaan.
Menyeimbangkan belahan otak kanan dan belahan otak kiri ini, menjadi penting
karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu dihadapkan pada suatu tugas yang
beragam, yang menuntut kerja otak yang melibatkan seluruh belahan otak.
Sekarang bagaimanakah cara kita menyeimbangkan kerja belahan otak kiri dan
belahan otak kanan. Pertama yang perlu diingat adalah bahwa, kedua belahan otak
yang kita memiliki tidak merupakan bagian yang terpisah, akan tetapi terdapat
hubungan (koneksi) antara kedua belahan otak tersebut. Terdapat dua cara yang
dapat kita lakukan untuk menyeimbangkan kerja kedua belahan otak kita, pertama
ciptakan sebuah kondisi yang nyaman, relaks sehingga otak dapat bekerja secara
lepas dan bebas. Hal ini dapat kita lakukan dengan mengerjakan sesuatu sambil
mendengarkan musik yang kita sukai. Kedua, untuk dapat menyeimbangkan kerja
kedua belahan otak kita, olah raga merupakan alternatif yang sangat baik.
Pertama, karena olah raga membuat fisik kita lebih sehat, dan kedua adalah
karena dengan berolahraga kita membiasakan menggerakan seluruh anggota badan
kita baik, bagian kiri, maupun bagian kanan dengan kecepatan yang tinggi. Pada
era sekarang, orang mulai tidak terlalu mendudukan otak kiri lebih dari otak
kanan. Orang semakin percaya kedua belahan otak tersebut bukanlah merupakan
sesuatu yang lebih tinggi dari yang lain akan tetapi memiliki fungsi yang sama
pentingnya. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana menyeimbangkan kedua
belahan otak tersebut sehingga kerja otak itu lebih optimal.
RAHASIA MENGAKTIFKAN OTAK TENGAH adalah :
- anak dibawa ke suasana gembira dengan game hadiah dan pujian bahwa semua anak adalah pemenang,semua anak adalah juara.
- anak didengarkan musik yang membawa ke suasana alpha sambil dirangsang dengan visual atau gambar, karena gambar berhubungan dengan otak tengah. musik yang lebih kuat dari "Musik Bayi" yang juga untuk mencerdaskan bayi dalam kandungan.
- setiap hari, kondisikan anak dalam suasana yang rilek tidak tertekan.
Referensi:
http://3anakremaja.blogspot.com/2010/12/cara-mengaktifkan-otak-tengah-pada-anak.html
http://tokoonlin-e.com/cara-mengaktifkan-otak-tengah-mid-brain-rahasia-mengaktifkan-otak-tengah/
http://linawidia.wordpress.com/2011/08/02/cara-mengaktifkan-otak-tengah/
http://www.indospiritual.com/artikel_otak-tengah-membaca-dengan-indra-ke-7.html
http://tokoonlin-e.com/cara-mengaktifkan-otak-tengah-mid-brain-rahasia-mengaktifkan-otak-tengah/
http://linawidia.wordpress.com/2011/08/02/cara-mengaktifkan-otak-tengah/
http://www.indospiritual.com/artikel_otak-tengah-membaca-dengan-indra-ke-7.html
0 comments
Post a Comment
Let's Share My Friend's