Jenis-jenis Display Gadget

No Comments

Perkembangan teknologi ponsel / handphone memang tidak perlu diragukan lagi, salah satunya adalah dibidang layar. Disini kita akan bahas tentang perbedaan tipe-tipe layar yang dipakai pada handphone.
    Monochrome
  • Monochrome (monokrom/hitam-putih)
Layar LCD(Liquid Crystal Displays) tipe ini sering kita jumpai dikalkulator, jam tangan digital, dan juga ponsel(dulunya). Liquid crystal dapat dimanipulasi oleh listrik saat ini, sehingga mereka mengubah bentuk. Cara kerja monochrome diponsel untuk menghitamkan pixel adalah dengan memblokir cahaya yang akan keluar. Salah satu kelebihan dari monokrom adalah konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan yang lain. Dan setelah bertahun-tahun, layar handphone makin hari makin lebar, berwarna, dan detail. Sehingga layar monokrom saat ini sudah dianggap ketinggalan zaman. Tapi masih ada handphone flip yang layar externalnya Monochome kok.
STN
  • STN dan CSTN (passive-matrix color display) 
Kebanyakan handphone layar berwarna awalnya menggunakan teknologi passive-matrix ini. Teknologi ini menggunakan sistem kawat yang berupa vertikal dan horizontal untuk memberi daya/menerangkan sebuah pixel. Tipe layar ini lebih murah dibandingkan dengan TFT (akan dibahas nantinya). Tapi mempunyai kelemahan direspon yang agak lambat, qualitas tampilan kurang optimal dan kurang terang jika dibandingkan dengan tipe layar active-matrix.

Yang menggunakan teknologi passive-matrix antara lain:
STN - Super Twisted Nematic
CSTN - Color Super Twisted Nematic

  • TFT (Active Matrix Color Display)
Active matrix memanfaatkan teknologi TFT (thin film transistor) yang pada umumnya dipakai untuk notebook. Layar TFT menempatkan transistor ditiap pixel layar yang mampu dinyalakan dan dimatikan secara individual, sehingga menghasilkan tampilan gambar yang lebih tajam, terang, dan respon yang sangat cepa
t. Tetapi layar TFT mempunyain kelemahan yakni lebih mahal dan lebih mengonsumsi daya batterai. Tipe layar lain yang termasuk active-matrix adalah TFD (thin film diode), sama dengan TFT yaitu menempatkan diode ditiap pixel layar. TFD mengkombinasikan teknologi kualitas gambar dan kecepatan respon yang sangat baik dari TFT, dengan konsumsi daya rendah dan biaya rendah dari STN.



  • TFD 
Tipe layar lain yang termasuk active-matrix adalah TFD (Thin Film Diode), sama denga
n TFT yaitu menempatkan diode di tiap piksel layar. TFD mengkombinasikan teknologi kualitas gambar dan kecepatan respons yang sangat baik dari TFT, dengan konsumsi daya rendah dan biaya rendah dari STN.
    UFB
  • UFB (Ultra Fine Bright) 
UFB (Ultra Fine & Bright), sebuah teknologi LCD yang diciptakan dan diperkenalkan oleh Samsung pada tahun 2002. Dapat beroperasi hanya dengan 3mW dimana jauh lebih sedikit mengonsumsi daya dibandingkan TFT. Hal ini pastinya akan memperpanjang daya tahan baterai. Handphone yang menggunakan tipe layar UFB akan mempunyai ukuran yang lebih tipis. (Keren ya.) 


  • OLED (Organic Light-Emitting Diode) 
OLED (Organic Light-Emitting Diode) juga dikenal sebagai LEP (Light-Emitting Polymer) dan OEL
(Organic Electro-Luminescence). Merupakan teknologi layar generasi baru yang terdiri dari titik-titik polimer organik yang memancarkan cahaya ketika diisi dengan listrik. Jika dibandingkan dengan LCD, layar OLED mempunyai kelebihan yakni lebih tipis, ringan, terang, cepat, murah, dan mengonsumsi daya yang lebih dikit (dikarenakan tidak butuh cahaya belakang). Satu-satunya kelemahan layar ini adalah sulit untuk melihat jika anda berada dibawah sumber cahaya seperti matahari.

  • AMOLED
Kini, ada teknologi layar baru bernama AMOLED. Teknologi AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan perpaduan antara teknologi OLED dengan active matrix TFT LCD konvensional. AMOLED membuat waktu respons yang lebih cepat ketika piksel berubah dari posisi on dan off. Ponsel yang sudah menggunakan layar ini antara lain Nokia N86 8MP, Samsung S8300, Samsung S8003 Jet, serta beberapa ponsel android kelas atas lainnya. 


  •   Super AMOLED (Super Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) 
Super Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode atau Super AMOLED adalah teknologi display (varian dari AMOLED ) terutama untuk digunakan pada perangkat mobile seperti ponsel (lihat daftar di bawah ini sebagai contoh). Salah satu perbedaan utama dari teknologi tampilan yang lain adalah bahwa lapisan yang mendeteksi sentuhan terintegrasi ke dalam layar bukannya overlay di atas. Dibandingkan dengan AMOLED generasi pertama, beberapa keuntungan AMOLED Super layar lebih cerah, refleksi sinar matahari kurang dan mengurangi konsumsi daya. Seperti AMOLED dan OLED display, kelemahan utama bagi pengguna ponsel adalah konsumsi baterai meningkat saat menampilkan gambar yang terutama putih, seperti latar belakang semua putih. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya dunia nyata hidup baterai dalam perangkat mobile tetapi solusi pihak ketiga, seperti Hitam Google Mobile , telah muncul untuk membantu mengurangi perilaku ini.
  •  Super AMOLED Plus
Menampilkan Samsung Super AMOLED Plus adalah upgrade perusahaan generasi pertama Super AMOLED . Menampilkan 50% lebih sub-pixel, dan bahkan menggunakan reguler RGB matriks (sebagai lawan dari Matrix Pentile digunakan dalam menampilkan generasi pertama). Display ini juga lebih tipis, lebih cerah dan lebih efisien (18%) daripada menampilkan Super AMOLED.
Menggunakan lebih sub-pixel berarti tampilan lebih jelas - meskipun resolusi per-inci sebenarnya lebih rendah . Resolusi adalah sebenarnya lebih rendah per inci dari AMOLEDs sebelumnya (a 4.3 "Super AMOLED Plus memiliki resolusi yang sama sebagai 4" Super AMOLED misalnya) - tetapi Samsung berencana untuk segera pindah ke proses manufaktur baru yang akan memungkinkan mereka untuk mencapai 300ppi atau lebih (hampir sama seperti pada Retina Display Apple).


  • VRD  (Virtual Retina Display)
Sebuah layar retina virtual (VRD), juga dikenal sebagai tampilan pemindaian retina (RSD) atau proyektor retina (RP), tidak menjadi bingung dengan " Retina Display "sebagai dipasarkan oleh Apple , adalah teknologi tampilan yang menarik raster display ( menyukai televisi ) langsung ke retina mata. Pengguna melihat apa yang tampaknya menjadi layar konvensional mengambang di ruang di depan mereka. (Namun, sebagian dari area visual di mana citra muncul masih harus berpotongan dengan elemen optik dari sistem layar. Hal ini tidak mungkin untuk menampilkan gambar melalui sudut yang padat dari sumber titik kecuali sistem proyeksi dapat melewati lensa di dalam mata .) Dengan VRD sebuah, cacat pada sistem optik mata, seperti kornea yang rusak dan lensa dan kepekaan retina berkurang bisa dilewati, serta masalah lingkungan layar, seperti kecerahan ambien, sudut-of-view dan kecerahan layar. Selain itu, gambar yang dilihat dapat ditambah dengan informasi lain dan kecerahan sistem tidak mempengaruhi citra yang terbentuk pada retina Meskipun VRD merupakan perangkat output, teknologi cocok untuk augmentasi dengan pelacakan mata atau sistem eyegaze untuk input. Pelacakan mata saat ini digunakan dalam kamera canggih diam dan video untuk fokus pada objek yang ingin Anda rekam.

VRD pada Iphone
Pendekatan ini menghasilkan beberapa keunggulan dibandingkan perangkat layar konvensional:
  • Berpotensi sangat kecil dan ringan, kacamata mountable
  • Besar bidang dan sudut pandang, lebih besar dari 120 derajat
  • Resolusi tinggi, mendekati bahwa penglihatan manusia
  • Penuh warna dengan resolusi warna yang lebih baik dari potensi menampilkan konvensional
  • Kecerahan dan rasio kontras yang cukup untuk penggunaan outdoor
  • Benar tampilan 3D stereo dengan kedalaman modulasi
  • Bypasses banyak cacat mata optik dan retina
Untuk resolusi, kebanyakan ponsel yang beredar saat ini adalah:
  • - QVGA (240x320 piksel)
  • WQVGA (240x400 piksel)
  •  HVGA (320x480 piksel)
  • VGA (480x640)
  • WVGA (480x800 piksel).
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment

Let's Share My Friend's