Aye-Aye Binatang Yang Unik dan Aneh Yang Terancam Punah (Video)

No Comments

aye aye Eyes


Aye-aye atau disebut ilmiahnya Daubentonia madagascariensis adalah hewan endemik Pulau Madagaskar yang menjadi primata noktural terbesar di dunia. Pada awalnya, penampilan aye-aye yang tidak biasa (unik) membuatnya diklasifikasikan sebagai hewan pengerat dibandingkan hewan primata.  Hewan ini memiliki jari yang tipis dan panjang serta memiliki jari tengah yang lebih panjang untuk mencari dan mengambil larva dari rongga kayu. Tubuh aye-aye berwarna coklat gelap atau hitam dan memiliki ekor lebat yang ukurannya lebih besar dari tubuh mereka. Mereka juga memiliki mata yang besar dan telinga yang sensitif. Pierre Sonnerat adalah yang pertama kali menemukan aye-aye pada abad ke-18 di Madagaskar.

Aye-aye menghabiskan hidup mereka di pepohonan hutan hujan dan menghindari turun ke tanah. Mereka aktif di malam hari (noktural), dan menghabiskan hari mereka dengan meringkuk di sarang berbentuk bola yang terbuat dari daun dan ranting pohon. Ketika bertengger di ketinggian, aye-aye mengendap-endap di pepohonan untuk mendengarkan larva yang bergerak di bawah kulit pohon. Selain mengambil larva untuk dimakan, jari tengah aye-aye yang panjang juga berguna untuk menyendoki daging (isi) kelapa dan buah-buahan lain yang juga menjadi makanannya. Sebagian besar masyarakat Madagaskar menganggap aye-aye sebagai hewan yang membawa pertanda nasib buruk. Dengan alasan ini, masyarakat kemudian sering membunuh aye-aye yang mereka lihat. Perburuan tersebut menjadikan kerusakan habitat aye-aye dan membuatnya terancam punah. Hingga saat ini spesies aye-aye menjadi salah satu hewan yang dilindungi oleh hukum. 

aye aye Finger
  • Jenis: Binatang menyusui
  • Diet: Omnivora 
  • Rata-rata rentang hidup di penangkaran: 20 tahun 
  • Ukuran: Kepala dan tubuh, 14 sampai 17 di (36-43 cm); Ekor, 22 hingga 24 di (56-61 cm) 
  • Berat: 4 (2 kg) 
  • Status perlindungan: Terancam 
  • Ukuran relatif terhadap 6-kaki (2-m) manusia
Tahukah kamu?
Aye-yang setuju adalah satu-satunya primata diduga menggunakan echolocation untuk menemukan mangsanya. 


aye aye

Fakta Menarik Tentang Aye-aye :

  1. Aye-aye hanya ditemukan di pantai timur laut pulau Madagaskar.
  2. Hewan ini memiliki gigi seri yang tumbuh terus menerus sampai mereka mati.
  3. Aye-aye membangun sarang baru dengan ranting dan dedaunan dan akan berganti sarang setiap beberapa hari. Terkadang mereka membangun hingga 20 sarang di wilayahnya. Mereka tidur di siang hari dan menghabiskan sebagian besar waktu di atas cabang-cabang pohon. Aye-aye jarang turun ke tanah hutan.
  4. Makanan aye-aye cukup aneh, termasuk kacang, larva serangga, nektar, biji, jamur, dan buah-buahan seperti kelapa, mangga, leci, bahkan tebu.
  5. Sebagian besar aye-aye ditemukan pada ketinggian di atas 700 meter di hutan.
  6. Legenda kuno penduduk Malagasi menganggap aye-aye sebagai simbol kematian karena penampilannya menakutkan dan suaranya yang mengerikan. Mereka percaya bahwa jika jari panjangnya menunjuk pada seseorang, maka kematian akan menimpa orang tersebut. Hal ini menyebabkan orang membunuh aye-aye jika melihatnya.
  7. Aye-aye yang dibesarkan di penangkaran bisa hidup 20 – 23 tahun, namun usia di habitat aslinya belum diketahui.
  8. Aye-aye adalah primata nokturnal terbesar di dunia. Mereka sangat aktif pada malam hari, bergerak melewati jarak yang cukup jauh, dan jarang berhenti untuk beristirahat.
  9. Berat aye-aye adalah sekitar 2,7 – 3,1  kg dan tumbuh hingga mencapai tinggi 61 cm. Ekornya yang sangat panjang dan lebat terkadang bisa mencapai dua kali panjang tubuh mereka.
  10. Predator utama mereka adalah manusia, fosa (sejenis hewan yang mirip kucing), dan beberapa burung pemangsa.
  11. Mereka adalah primata dengan rasa ingin tahu tinggi dan tidak terlalu berbahaya, meskipun mereka agresif terhadap sesamanya.
  12. Aye-aye dianggap pula sebagai hama karena sering menyambangi pertanian di pemukiman penduduk untuk mencari makanan.

Let's See Aye-aye



Sumber :
www.arkive.org
http://animals.nationalgeographic.com/animals/mammals/aye-aye/
http://www.amazine.co/22137/11-fakta-tentang-aye-aye-primata-unik-dari-madagaskar/
https://www.youtube.com/watch?v=Fw2DtZYJuiI

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment

Let's Share My Friend's