Manfaat Vitamin B12 Pada Ikan

No Comments

Ikan B12
Vitamin B12 (cobalamin) kita butuhkan untuk mendukung fungsi saraf yang tepat dan pembentukan darah. Ketika diet kita kekurangan vitamin B12, anemia dapat berkembang, bersama dengan kerusakan saraf. Gejala dimulai dengan kesemutan dan mati rasa pada kaki, kesulitan berjalan, kehilangan konsentrasi dan memori, perubahan mood, gangguan visual, insomnia, dan gangguan kandung kemih dan kontrol usus. Yang terjadi secara alamiah, vitamin B12 terikat dengan protein makanan.
Keasaman dalam perut sehat memungkinkan vitamin B12 untuk memisahkan dari protein makanan dan berjalan menuju ke usus kecil akan dapat mengikat dengan faktor intrinsik. Hal ini memungkinkan vitamin B12 untuk dapat diserap ke dalam aliran darah. Meskipun, saat sekresi asam perut dapat ditoleransi atau jika faktor intrinsik tidak dapat diproduksi di dalam perut, penyerapan vitamin B12 akan kompromi dan kekurangan bisa berkembang dari waktu ke waktu. Sumber makanan yang difortifikasi dan suplemen mengandung vitamin B12 bentuk bebas sehingga keasaman perut tidak diperlukan untuk pencernaan dan penyerapan.
Orang-orang yang mungkin membutuhkan makanan yang diperkaya atau suplemen :
  • Usia lebih dari 50 tahun – Institute of Medicine (IOM) memperkirakan bahwa 10 – 30% orang berusia di atas 50 tahun mungkin tidak dapat menyerap vitamin B12 yang terjadi secara alamiah karena produksi asam jauh lebih rendah di lambung. Oleh karena itu, IOM merekomendasikan bahwa untuk orang tua pemenuhan kebutuhan vitamin B12 sebagian besar dari makanan yang diperkaya atau suplemen.
  • Penggunaan berkepanjangan dari  Proton Pump Inhibitor – Obat-obat ini (misalnya Nexium, Prevacid, Prilosec, Protonix, dll) membuat perut kurang asam. Dalam jangka panjang, penggunaan obat-obat ini dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin B12.
  • Malabsorpsi Syndromes – penyakit Crohn, operasi bypass lambung, pemotongan sebagian dari usus kecil atau tidak berfungsinya pankreas, dan kondisi lain yang menyebabkan diare kronis semua dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin B12.
  • Vegetarian dan anak-anaknya makanan nabati tidak memiliki sumber yang signifikan vitamin B12. sehingga makanan yang diperkaya dan suplemen diperlukan oleh para vegetarian bagi sebagian besar dunia.
Dimana Mendapatkan Vitamin B12?

Sumber vitamin B12 diantaranya makanan hewani (misalnya ikan/makanan laut, daging, unggas, telur, susu dan keju) dan makanan yang diperkaya (misalnya sereal, susu kedelai, dll) dan suplemen. Untuk orang dewasa yang sehat, RDA adalah 2,4 mcg per hari. Hal ini dapat diperoleh  dari memakan beberapa porsi makanan dari hewan atau tumbuhan yang diperkaya. Bagi Anda yang ingin makanan yang baik bagi kesehatan jantung, maka ikan dan makanan laut adalah pilihan terbaik, karena lemak omega-3 dan sumber vitamin B12.

Sumber:

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment

Let's Share My Friend's